Hasil Rapid Test 134 TKI Gelombang Pertama dari Malaysia, Seluruhnya Negatif

Antara ยท Kamis, 09 April 2020 - 19:40 WIB
Hasil Rapid Test 134 TKI Gelombang Pertama dari Malaysia, Seluruhnya Negatif
TKI dari Malaysia yang mengikuti pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: Antara)

DELISERDANG, iNews.id - Sedikitnya 134 tenaga kerja Indonesia (TKI) gelombang pertama dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (9/4/2020) pagi. Para TKI ini menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan, selain cek kesehatan, seratusan TKI tersebut dilakukan pengujian rapid test.

"Hasil rapid test TKI gelombang pertama semuanya negatif," ujar Aris, Kamis (9/4/2020).

Dia menjelaskan, setelah pemeriksaan kesehatan di Bandara Internasional Kualanamu, 134 TKI gelombang pertama ini langsung dibawa ke Taman Cadika di Lubukpakam. Lokasi ini menjadi tempat karantina sementara sebelum mereka kembali ke tempat asal masing-masing.

"Mereka diperiksa kesehatan, mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan wawancara, para TKI ini dikarantina di Taman Cadika Lubukpakam," katanya.

Sementara itu, gelombang kedua TKI asal Sumut dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (9/4/2020) pukul 17.10 WIB. Mereka datang dengan memggunakan pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH864.

Gelombang kedua ini sebanyak 136 orang, dengan rincian 110 laki-laki 110 dan 26 orang perempuan. Setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan, ratusan TKI ini langsung dibawa ke eks Bandara Polonia Medan. Di lokasi itu, mereka akan dikarantina sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.


Editor : Donald Karouw