Hati-Hati, Jalan Penghubung Gunungsitoli dan Nias Selatan Ambles Sebagian

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 19:06:00 WIB
Hati-Hati, Jalan Penghubung Gunungsitoli dan Nias Selatan Ambles Sebagian
Lokasi jalan penghubung Gunungsitoli dan Nias Selatan yang ambles sebagian, tepatnya di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma. (Foto: Antara)

NIAS, iNews.id - Jalan penghubung Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, tepatnya di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma, ambles sebagian. Kondisi ini membahayakan pengguna kendaraan yang melintas jalur tersebut.

"Amblesnya jalan nasional penghubung Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Selatan telah terjadi dua hari yang lalu," ujar PPK 35 Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Firman Hutauruk di Nias, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, jalan tersebut ambles akibat tekanan air laut dari samping jalan. Kondisi dasar jalan berlokasi dekat laut dan terdapat batu karang. 

Selain itu, gelombang air laut kerap menghantam tembok pantai yang langsung berbatasan dengan jalan sehingga per lahan kian terkikis.

"Karena tembok penahan pantai sering dihantam ombak, tanah di bawah jalan tergerus dan longsor sehingga jalan di atasnya ambles," katanya.

Dia menyebutkan, PPK 35 BBPJN akan segera menimbun dan memperbaiki jalan tersebut agar arus lalu lintas antara Kota Gunungsitoli menuju Nias Selatan kembali lancar. Tim sudah dikerahkan untuk bekerja dalam proses perbaikan jalan tersebut.

"Kini tim kami sedang mengusahakan menyusun batu berukuran besar di dasar jalan yang longsor," ujarnya.


Editor : Donald Karouw