Hujan Deras, 114 Rumah dari 7 Desa di Asahan Terendam Banjir

Sindonews ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:18 WIB
Hujan Deras, 114 Rumah dari 7 Desa di Asahan Terendam Banjir
Salah satu warga desa di Kabupaten Asahan yang terdampak banjir. (Foto: SINDOnews/Ismanto Panjaitan)

KISARAN, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara menyebabkan tujuh desa di tiga kecamatan terendam banjir, Kamis (18/6/2020) pagi. Setidaknya, ada 114 unit rumah terendam dengan ketinggian air bervariasi antara 80 cm hingga 115 cm.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan Khaidir Sinaga mengatakan, banjir tersebut disebabkan tingginya intensitas hujan di hulu sungai yang ada di Kabupaten Simalungan dan Kota Pematangsiantar.

Hujan turun sejak Rabu (17/6/2020) mulai pukul 22.34 WIB hingga 05.30 WIB. Tingginya debit air membuat dua sungai yang dilalui, yakni Sungai Aek Silau dan Piasa tak mampu menampung sehingga meluap. Air merangkak naik sekitar pukul 01.00 dinihari.

"Diperkirakan, luasan dampak genangan air akan bertambah," kata Khaidir, Kamis (18/6/2020).

Dia menjelaskan, ketujuh desa yang terdampak banjir yakni Desa Prapat Janji dan Mekar Sari di Kecamatan Setia Janji. Kemudian, Desa Bangun Sari dan Silau Tua di Kecamatan Buntu Pane.

Selanjutnya, Desa Piasa Ulu dan Desa Terusan Tengah di Kecamatan Tinggi Raja. Saat ini, petugas lapangan BPBD Asahan masih terus mendata warga yang menjadi korban banjir.


Editor : Donald Karouw