Ibu dan Anak di Batubara Positif Covid-19 usai Tes Swab untuk Urus Surat Sehat

Fadly Pelka ยท Senin, 22 Juni 2020 - 11:58 WIB
Ibu dan Anak di Batubara Positif Covid-19 usai Tes Swab untuk Urus Surat Sehat
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Batubara Wahid Kushyairi. (Foto: iNews/Fad;y Pelka)

BATUBARA, iNews.id - Seorang ibu dan anak di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Mereka melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Murni Teguh, Kota Medan untuk melengkapi data surat kesehatan sebagai syarat bepergian karena hendak ke Malaysia.

Identitas keduanya yakni berinisial SM (43) dan RS bocah perempuan berusia tujuh tahun. Mereka merupakan warga asal Desa Pematangkuing, Kecamatan Sei Suka, yang sebelumnya tinggal di Malaysia dan belum lama kembali ke kampung halaman.

Setelah berada di kampung selama kurang lebih satu bulan, ibu dan anak ini memutuskan kembali ke Malaysia. Mereka pun mengurus dokumen persyaratan, salah satunya wajib melampirkan surat keterangan yang dilengkapi uji swab PCR. Saat itulah, hasil tes keduanya dinyatakan positif Covid-19 dan batal berangkat ke Malaysia. 

Merespons hasil tes positif tersebut, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19  Batubara pun melakukan rapid test terhadap 10 orang terdekat. Hasilnya, seluruh kontak erat dengan ibu dan anak ini menunjukkan nonreaktif.

"Keduanya ibu dan anak ini masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) karena tidak demam, sakit maupun sesak napas. Mereka kini harus menjalani isolasi mandiri," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Batubara Wahid Kushyairi, Minggu (21/6/2020).

Adanya penemuan dua kasus baru ini menjadikan Batubara masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19. Total saat ini ada tiga warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.


Editor : Donald Karouw