Ibu Hamil, Dokter dan Suami Istri di Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sindonews, Ismanto Panjaitan ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 09:47 WIB
Ibu Hamil, Dokter dan Suami Istri di Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: istimewa)

ASAHAN, iNews.id - Seorang ibu hamil dan dokter RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes swab. Mereka merupakan dua di antara empat penambahan kasus baru di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara per Rabu (24/6/2020).

Sementara dua kasus lainnya yakni pasangan suami istri warga Kelurahan Sendang Sari, Kecamatan Kota Kisaran Barat. Keduanya merupakan pedagang di Pajak Kartini, Kisaran.

"Ada penambahan empat orang yang terkonfirmasi positif, yakni ARP (37), MS (77), SS (59) dan NN (51)," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan Rahmat Hidayat Siregar di Kisaran, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, ARP awalnya dinyatakan mengidap demam berdarah setelah hasil pemeriksaan melalui laboratorium swasta di Kisaran. Karena sedang hamil, ARP berkonsultasi dengan dokter kandungan atas hasil laboratorium tersebut.

Dokter menyarankan ARP agar memeriksa kesehatannya kembali ke rumah sakit di Medan. Hasil pengecekan di RS Bundha Thamrin Medan, ARP dinyatakan positif Covid-19.

Sementara MS dan SS yakni pasangan suami istri. Sejak 3 Juni, keduanya mengalami gejala sesak napas. Kemudian, pada 15 Juni mereka periksa kesehatan ke RSUD HAMS Kisaran. Hasil tes cepat menunjukkan keduanya reaktif Covid-19.

Mereka lalu dirujuk ke RS Martha Friska Medan. Dua kali hasil uji SWAB, keduanya dinyatakan positif Covid-19.

"Untuk satu pasien lagi yakni Dokter NN. Dia merupakan dokter spesialis paru di RSUD HAMS Kisaran," katanya. 

Menurut Rahmat, saat ini sedang dilakukan pelacakan kepada orang yang memiliki riwayat kontak fisik dengan keempat pasien positif tersebut. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan ke Pajak Kartini Kisaran dan di tempat-tempat lainnya.


Editor : Donald Karouw