Istri Hakim PN Medan Janjikan Rp100 Juta untuk Umrah bagi Eksekutor Pembunuh Suaminya

Stepanus Purba ยท Senin, 13 Januari 2020 - 18:03 WIB
Istri Hakim PN Medan Janjikan Rp100 Juta untuk Umrah bagi Eksekutor Pembunuh Suaminya
Zuraidah Hanum, istri Hakim PN Medan yang menjadi otak pembunuhan suaminya saat reka ulang, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews/Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id – Zuraidah Hanum, istri Hakim PN Medan Jamaluddin menjanjikan kedua eksekutor Jefri Pratama dan Reza Pahlevi berangkat umrah usai membunuh suaminya. Fakta itu terungkap berdasarkan BAP yang dibacakan penyidik saat reka ulang adegan perencanaan pembunuhan di salah satu kafe di Jalan Ngumban Surbakti, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Senin (13/1/2020).

"Zuraidah mengatakan kepada Reza kalau udah siap bunuh, kakak kasih uang Rp100 juta dan setelah itu nanti kita umrah," kata tim penyidik saat rekonstruksi.

BACA JUGA: Terungkap, Istri Hakim PN Medan Ternyata Berencana Menikah dengan Salah Satu Eksekutor

Kendati demikian, pernyataan penyidik dibantah tersangka Zuraidah. Menurutnya, dia tidak pernah menjanjikan uang Rp100 juta kepada para eksekutor.

"Saya janjikan Rp100 juta untuk umrah berempat suatu saat nanti. Tidak ada saya janjikan uang. Tapi saya janjikan umrah untuk ibunya dan dia (Reza dan Jefri). Itu maksud saya," ujar Zuraidah.

Setelahnya, tersangka Reza dan Jefri menyetujui permintaan Zuraidah. Ketiganya pun mencapai kesepakatan. Kemudian tersangka Zuraidah memberi uang Rp2.000.000 kepada Reza.

BACA JUGA: Reka Ulang Kasus Hakim PN Medan, Berawal dari Curhat hingga Muncul Niat Bunuh Korban

Uang itu dibelanjakan peralatan untuk pembunuhan Jamaluddin di Pasar Melati, Medan. Seperti jaket, sepatu, ponsel, masker dan sarung tangan.

Ketiganya menyusun rencana pembunuhan hingga mengeksekusi korban pada 29 November 2019. Mereka dijerat Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 tentang Pembunuhan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman pidana mati.


Editor : Donald Karouw