Jalan Penghubung Desa di Angkola Barat Tapsel Ambles Sepanjang 5 Meter

Antara · Kamis, 11 Maret 2021 - 18:17:00 WIB
Jalan Penghubung Desa di Angkola Barat Tapsel Ambles Sepanjang 5 Meter
Jalan menuju Kampung Sijantung, Desa Sitaratoit, Kecamatan Angkola Barat, Tapsel amblas sepanjang 5 meter. (Foto:Antara)

TAPSEL, iNews.id - Hujan deras melanda kawasan Kampung Sijantung Desa Sitaratoit, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (11/3/2021). Akibatnya, ruas jalan penghubung Kampung Sijantung ambles sepanjang 5 meter amblas.

Kepala Desa Sitaratoit Isron Pasaribu mengatakan hujan deras yang melanda Kecamatan Angkola Barat menyebabkan jalan antardesa di Kecamatan Angkola terputus. Dia menyebutkan lokasi jalan yang ambles tidak jauh dari Kampung Sijantung.  

"Lokasi jalan amblas ini sekitar 50 meter dari Kampung Sijantung di Desa Sitaratoit, Angkola Barat," kata Isron, Kamis (11/3/2021). 

Peristiwa yang mengakibatkan terputusnya akses transportasi dari dan ke Kampung Sijantung Lembah Lubuk Raya dari arah Kota Padangsidimpuan.

"Gorong-gorong dan badan jalan hotmix di lokasi kejadian hanyut dibawa arus Aek (aliran air) Sihoru-horu, akibat diduga tak mampu menahan derasnya debit air," ujarnya.

Isron mengatakan pascakejadian tersebut, BPBD Tapsel, Dinas PU Tapsel, dan sejumlah stakeholder lainnya sudah turun ke lokasi untuk meninjau jalan yang amblas. Tim tersebut melakukan kajian untuk perbaikan sekaligus melakukan pembersihan sejumlah titik lokasi jalan amblas.

Dia mengatakan pihaknya sudah mengimbau warga untuk sementara waktu menggunakan jalur alternatif menuju Desa Sijantung. 

"Warga yang hendak menuju Sijantung kami imbau melalui lewat jalur alternatif dari Desa Sabungan Jae, Kecamatan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan," ujarnya. 

Editor : Stepanus Purba