Jalan Penghubung Pematangsiantar-Asahan Putus Total, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Dharma Setiawan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 17:16:00 WIB
Jalan Penghubung Pematangsiantar-Asahan Putus Total, Arus Lalu Lintas Dialihkan
Jalan ambles di Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun akibat tergerus arus Sungai Bah Tongguran. (foto: iNews/Dharma Setiawan)

MEDAN, iNews.id - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Simalungun yang menghubungkan Kota Pematangsiantar-Asahan ambles tergerus arus sungai akibat hujan deras. Lokasi titik jalan yang putus total ini di wilayah Kecamatan Tanah Jawa sehingga akses lalu lintas dialihkan.

Pantauan iNews, longsor di badan jalan ini akibat beram jembatan Sungai Bah Tongguran ambles pada Jumat (20/11/2020) malam. Luasan jalan yang longsor kurang lebih selebar lima meter.

Warga setempat tampak berkerumun di sekitar areal longsor dan menjadikannya sebagai tontonan. Belum terlihat ada petugas terkait yang melakukan penanangan atau alat berat di lokasi tersebut.

Kapolsek Tanah Jawa Kompol Selamat mengatakan, sebelum terjadi longsor, air dari sungai sempat meluap hingga ke badan jalan dan menutup jembatan. Beberapa rumah dan bangunan di tepi sungai juga ada yang terdampak.

"Untuk korban jiwa kami pastikan tidak ada. Kami juga sudah alihkan arus karena jalan ini putus total. Jalur alternatif dari Pekan Tanah Jawa tembus ke Simpang Tiga Tanjung Pasir," ujarnya, Sabtu (21/11/2020).


Editor : Donald Karouw