Jelang Lebaran, BMKG Imbau Warga Belawan Waspadai Banjir Rob

Antara · Senin, 10 Mei 2021 - 10:16:00 WIB
Jelang Lebaran, BMKG Imbau Warga Belawan Waspadai Banjir Rob
Banjir rob rendam ribuan rumah warga di kawasan pantai pesisir kawasan Medan Utara. (Foto: iNews/Rusli HR)

MEDAN, iNews.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, warga yang tinggal di kawasan Belawan, Kota Medan diminta untuk mewaspadai banjir pasang air laut atau rob. Banjir rob diperkirakan berpotensi melanda kawasan Medan Utara dan Belawan pada 10-14 Mei 2021. 

"Fenomena banjir rob akibat aktivitas pasang air laut maksimum diprediksi pada 10-14 Mei 2021," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sugiyono di Medan, Senin (10/5/2021). 

Banjir rob ini diprediksi akan mengganggu aktivitas warga khusus di pesisir Belawan dan sekitarnya unutk merayakan Lebaran. Pasalnya, Hari Raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada Kamis (13/5/2021) mendatang. 

"Masyarakat di Medan Utara kami imbau waspada dan siaga mengantisipasi dampak banjir ditimbulkan, dan memperhatikan informasi cuaca maritim BMKG," katanya.

Selain itu, banjir rob ini juga mengakibatkan terganggunya transportasi di pelabuhan dan kawasan pesisir akibat naiknya permukaan air laut ke darat.

"Menjelang Idul Fitri, aktivitas masyarakat tentu meningkat. Begitu juga kegiatan bongkar muat di pelabuhan, kami perkirakan terganggu," ucapnya. 

Sebelumnya, ormas Islam Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 sesuai hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

Editor : Stepanus Purba