Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Medan Merangkak Naik

Stepanus Purba · Minggu, 09 Mei 2021 - 15:52:00 WIB
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Medan Merangkak Naik
Harga daging sapi mulai naik jelang lebaran. (Foto: iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mulai harga daging sapi  di pasar tradisional Kota Medan mulai merangkak naik. Kenaikan harga daging sapi ini disebabkan meningkatnya permintaan daging sapi jelang lebaran. 

Salah satu pedagang di Pasar Inpres, Simpang Kuala, Kota Medan Lina mengatakan harga daging sapi mulai naik dari kisaran Rp120.000 per-kilogram (kg) menjadi Rp130.000 per-kg. 

"Sudah naik lagi harga daging sapi dari Rp120.000 menjadi Rp130. 000 per kg," ujar Lina, Minggu (9/5/2021). 

Lina mengatakan kenaikan harga daging tersebut merupakan hal yang biasa jelang Lebaran. Hal ini dikarenakan meningkat permintaan daging sapi dari konsumen. 

"Syukurnya kenaikannya tidak terlalu besar sehingga masih terjangkau, " katanya.

Kepala Kanwil I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ramli Simanjuntak mengakui di Sumut memang hanya harga daging yang mengalami gejolak  menjelang Ramadhan dan Lebaran. Kenaikan harga, katanya, dampak psikologis naiknya permintaan.

Hasil pantauan di perusahaan penggemukan sapi, stok cukup aman dan KPPU tidak menemukan kasus pelanggaran dalam perdagangan daging sapi. 

"Selama proses pengawasan, KPPU melihat fluktuasi harga daging sapi masih dalam tataran wajar, dan belum ditemukan potensi pelanggaran persaingan usaha dalam penjualan tersebut," katanya.

Editor : Stepanus Purba