Jelang Lebaran, Penjualan Kue Kering di Medan Sepi Peminat akibat Corona

Ahmad Ridwan Nasution ยท Senin, 18 Mei 2020 - 12:29 WIB
Jelang Lebaran, Penjualan Kue Kering di Medan Sepi Peminat akibat Corona
Salah satu kios penjual kue kering di Kota Medan yang berinovasi membuat parcel (Foto : iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN,iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal inilah yang dirasakan oleh para penjual kue kering di Kota Medan.

Seminggu jelang perayaan Idul Fitri, penjualan kue kering di Kota Medan untuk makanan di hari kemenangan masih sepi peminat. Di tahun sebelumnya, seminggu jelang lebaran, warga sudah ramai berburu kue kering untuk lebaran.

Hal ini diungkapkan salah satu penjual kue kering di Kota Medan yang membuka kios di Jalan Kenanga Raya, Medan. Akibat pandemi Covid-19, penjualan kue kering di Kota Medan bahkan turun drastis hingga 50 persen.

Untuk mengatas sepi pembeli, para penjaja kue kering harus berinovasi untuk menarik minat pembeli. Salah satunya dengan membuat parcel kue kering.

"Iya kita buat hampers (parcel) kue,jadi bisa dikirim kirim ke saudara dan kerabat yang gak bisa bertamu di masa pandemi ini," kata Deswati salah satu penjual kue.

Selain sepi peminat, Deswati juga mengatakan imbauan pemerintah untuk menerapkan sosial distancing dan tidak mudik membuat para pembeli juga tidak membeli kue kering dengan jumlah besar.

"Para pembeli juga gak beli banyak. Beda dengan tahun sebelumnya yang bisa beli 3-5 kilo untuk setiap jenis kue," ucapnya.

Pengakuan Deswati juga diakui oleh salah satu warga yang membeli kue kering yang bernama Wulan (43). Dia mengaku hanya membeli kue untuk konsumsi keluarga kecil saja.

"Iya tahun ini belinya sikit aja,paling untuk makan keluarga dirumah aja,kan gak ada tamu lebaran tahun ini" katanya.

Meskipun sepi di masa pandemi, para penjual kue kering tetap melengkapi varian varian kue kering dengan rasa kekinian dan tidak lupa juga panganan tradisional seperti kacang tojin dan kue bawang.

Untuk harganya kue kering ini dibanderol mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung varian dan ukuran nya. Penjual kue kering berharap pandemi covid-19 segera berakhir,karena sangat memukul roda perekonomian khususnya.


Editor : Stepanus Purba