Jelang Lebaran, Polisi Tangkap Maling Pembobol Rumah di Medan

Stepanus Purba ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 13:38 WIB
Jelang Lebaran, Polisi Tangkap Maling Pembobol Rumah di Medan
Para pelaku ditangkap polisi karena maling dengan modus membobol rumah warga. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id - Polisi meringkus tiga orang pelaku pembobol rumah yang biasa beraksi di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Keberadaan mereka dinilai mengkhawatirkan jelang liburan Lebaran 2019.

Para pelaku, Johanes Pakpahan alias Keko (24), Poki Sinaga alias Poki (25) dan Toris Bahlul Marisi Simamora alias Toris (22).

"Tiga pelaku berhasil ditangkap dan terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melarikan diri," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yuda, di Mapolrestabes Medan, Sumut, Rabu (29/5/2019).

Menurut dia, selain tiga pelaku tersebut, masih ada beberapa rekannya yang kini dalam pengejaran petugas. Dari keterangan pelaku, mereka mengaku, sudah sembilan kali beraksi di kompleks perumahan Kota Medan.

BACA JUGA: Viral, Video Pengeroyokan Maling di Denpasar hingga Babak Belur

Modusnya, para tersangka beraksi di malam hari dengan merusak pintu dengan sejumlah alat yang mereka siapkan. Kemudian, seluruh barang bukti hasil kejahatan dijual para tersangka ke penadahnya.

"Penadahnya juga kini masih buron," ujar dia.

Penangkapan ketiga pelaku sendiri berawal dari laporan warga yang mengaku rumahnya dibobol oleh maling. Kejadian ini menyebabkan korban kehilangan dua unit sepeda motor dan dua unit laptop.

"Laporan ini kemudian diteruskan oleh penyidik dan berhasil meringkus ketiga pelaku," kata Putu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal