Jelang Libur Tahun Baru 2020, PT KAI Divre Sumut Sudah Berangkatkan 139.637 Penumpang

Stepanus Purba ยท Senin, 30 Desember 2019 - 17:04 WIB
Jelang Libur Tahun Baru 2020, PT KAI Divre Sumut Sudah Berangkatkan 139.637 Penumpang
Kereta Api yang hendak berangkat dari Stasiun Medan (Foto : iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Lonjakan penumpang masih terjadi di Stasiun Medan menjelang libur Tahun Baru 2020. Hingga Minggu (29/12/2019), PT KAI sudah memberangkat 139.637 penumpang dari Medan ke sejumlah lokasi.

Manager Humas KAI Divre I Sumatera Utara M Ilud Siregar mengatakan, para penumpang yang menggunakan angkutan kereta api rata-rata menggunakan KA Sribilah Utama, Sribilah Eksekutif dan Sribilah Premium.

"Untuk relasi yakni Medan-Rantauprapat (PP), KA Putri Deli, KA Tangjungbalai Ekspres relasi Medan-Tanjungbalai (PP). KA Siantar Ekspres, KA Dolok Martimbang (PP) relasi Medan-Siantar, serta KA Lokal Sri lelawangsa relasi Medan-Binjai (PP)," ujar Illud di Medan, Senin (30/12/2019).

BACA JUGA: Hukum Merayakan Tahun Baru bagi Umat Islam

Dia mengungkapkan, sebagai bentuk kemudahan dalam pelayanan, penumbang diajak mengunduh aplikasi resmi PT KAI yakni KAK Access. Melalui aplikasi ini, calon penumpang dapat memesan tiket serta menghindari antrian di loket stasiun.

"Setelah mengunduh KAI Access, nanti diminta untuk registrasi dengan mengisi data-data yang tertera pada kolom aplikasi seperti nama, nomor KTP dan sebagainya," kata Ilud.

Nantinya setelah pengisian data, calon penumpang akan diminta melakukan verifikasi akun yang telah dikirimkan melalui email terdaftar. Dari situ, penumpang bisa masuk ke dalam aplikasi dan melakukan pemesanan. Seperti pemesanan tiket dengan ganya mengklik menu Intercity Train yang terdapat di halaman depan. 

"Nah di situ nanti akan dibawa ke panel pencarian. Silakan isi stasiun asal, tujuan, tanggal berangkat, kelas dan jumlah penumpang. Untuk anak di atas tiga tahun berlaku harga tiket orang dewasa. Sementara tiket untuk bayi tidak mendapatkan kursi," tuturnya.


Editor : Donald Karouw