Jelang Penerapan New Normal, Perbatasan Aceh-Sumut di Dairi Dijaga Ketat

Irwansyah Sitepu · Rabu, 17 Juni 2020 - 11:38 WIB
Jelang Penerapan New Normal, Perbatasan Aceh-Sumut di Dairi Dijaga Ketat
Perbatasan di Dairi yang dijaga ketat petugas menjelang penerapan new normal. (Foto: iNews/Irwansyah Sitepu)

DAIRI, iNews.id - Perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi dijaga ketat petugas gabungan. Seluruh pengendara yang hendak melintas diperiksa kesehatan dan dicek kelengkapan dokumen.

Pantauan iNews, pemeriksaan di pos check point melibatkan petugas TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan sejumlah relawan. Petugas kesehatan di pos pengecekan bahkan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap saat memeriksa suhu tubuh warga yang melintas.

Pemeriksaan ketat ini merupakan bagian dari persiapan Pemkab Dairi menyambut new normal yang akan diterapkan dalam waktu dekat. Setiap kendaraan yang melintas dari Kabupaten Pakpakbharat serta Provinsi Aceh dan hendak masuk ke Kabupaten Dairi atau berbagai tujuan lainnya seperti ke Kota Medan dihentikan petugas TNI-Polri.

Selanjutnya, petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh setiap orang menggunakan thermogun untuk memastikan dalam keadaan sehat, terutama tak terpapar virus corona.

"Jika menemukan pengendara atau warga dengan suhu tubuh di atas normal, otomatis mereka akan dicatat sebagai orang dalan pemantauan (ODP)," ujar petugas check point perbatasan Dairi-Phakpak Bharat Serda TNI Jonvery Tinambunan.

Setelah pemeriksaan ketat, pengendara pun diizinkan melintas. Sampai saat ini, kebijakan new normal masih dalam persiapan untuk diterapkan pada 1 Juli mendatang di wilayah Sumut.


Editor : Donald Karouw