Jelang Unjuk Rasa Buruh, Polisi Perketat Pengamanan Gedung DPRD Sumut

Stepanus Purba ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 11:39:00 WIB
Jelang Unjuk Rasa Buruh, Polisi Perketat Pengamanan Gedung DPRD Sumut
Suasana di Depan Kantor DPRD Sumut jelang aksi unjuk rasa buruh terkait penolakan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (8/9/2020). (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Buruh dari berbagai elemen di Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar aksi unjuk rasa penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020). Salah satu sasaran aksi unjuk rasa buruh yaitu Gedung DRPD Sumut.

Jelang kedatangan massa buruh, personel kepolisian dari Polda Sumut dibantu Polrestabes Medan menjaga ketat areal DPRD Sumut. Selain mengerahkan ratusan personel, barikade kawat berduri juga terlihat di depan gerbang DPRD Sumut. Terlihat empat mobil water cannon dan satu mobil pemadam kebakaran juga disiagakan.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda SUmut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan dalam pengamanan aksi unjuk rasa pihaknya mengerahkan 7.000 personel. Personel ini terdiri atas Polda Sumut dan polres jajaran.

"Kapolda Sumut sudah menginstruksikan ke seluruh jajaran untuk mengantisipasi seruan aksi berkaitan dengan pekerja. Untuk itu, personel yang disiagakan dua pertiga dari kekuatan masing-masing wilayah. Untuk Polda Sumut disiagakan 7.000 personel," kata Tatan, Rabu (7/9/2020).

Tatan mengatakan, pihaknya fokus pada sejumlah titik mulai dari DPRD Sumut, Lapangan Merdeka, Kantor Gubernur Sumut, dan sejumlah titik sentral di Kota Medan.

Tatan juga mengimbau kepada para pekerja untuk mematuhi protokol kesehatan saat berunjuk rasa. Hal ini dikarenakan penyebaran Covid-19 di Sumut khususnya di Kota Medan masih terus terjadi.

"Kami minta mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai menjadi kloster penyebaran Covid-19. Kita bersama antisipasi agar melaksanakan protokoler kesehatan," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: