Jenazah Terduga Teroris Ananda Putra Dimakamkan di TPU Kemiri Medan

Stepanus Purba ยท Rabu, 20 November 2019 - 21:15 WIB
Jenazah Terduga Teroris Ananda Putra Dimakamkan di TPU Kemiri Medan
Makam terduga teroris Ananda Putra alias Abu Alfan di TPU Kemiri, Kelurahan Sudirejo, Kecamatan Medan Kota, Medan, Sumut, Rabu (20/11/2019). (Foto : iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Satu lagi jenazah terduga teroris yang tewas dalam penyergapan di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (16/11/2019) akhirnya dimakamkan. Ananda Putra alias Abu Alfan (21) dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemiri, Kelurahan Sudirejo, Kecamatan Medan Kota.

Ketua Nazir Badan Pengelola Penguburan Islam (BPPI) Kemiri, Rifdal (56), mengatakan, jenazah Ananda Putra alias Abu Alfan dimakamkan di TPU Kemiri pada Selasa (19/11/2019) sore, sekitar jam 15.10 WIB. Dia baru diminta oleh polisi untuk menyiapkan liang lahat sekitar pukul 12.00 WIB.

“Jenazah tiba sekitar pukul 15.10 WIB dan proses pemakaman selesai sekitar jam 15.30 WIB. Proses dipercepat karena saat pemakaman hujan dan (jenazah) tidak dibawa pakai keranda, jadi ditutupi pakai payung di sini. Saya juga minta agar sirene tidak dihidupkan,” kata Rifdal saat ditemui di Kantor BPPI TPU Kemiri, Rabu (20/11/2019).

Proses pemakaman Ananda Putra dihadiri Muspika dari Kecamatan Medan Kota, polisi, dan perwakilan dari Rumah Sakit (RS) Bhayangkara. Ibunya juga hadir. “Namun, dia tidak turun dari mobil. Dia ditemani kepala lingkungannya dari Tanjungbalai,” kata Rifdal.

Rifdal mengatakan, Ananda dipastikan warga Tanjungbalai. Hal ini disampaikan oleh Kepling I Kelurahan Matahalasan, kecamatan Tanjungbalai Utara, saat proses pemakaman.

“Jadi kepling ini memastikan bahwa yang dimakamkan adalah warganya. Namun, dia juga tidak turun karena menemani ibu dari Ananda di mobil,” ujar Rifdal.

Ketua Nazir BPPI Kemiri, Rifdal memberikan keterangan mengenai pemakaman terduga teroris Ananda Putra alias Abu Alfan di TPU Kemiri, Kelurahan Sudirejo, Kecamatan Medan Kota, Medan, Sumut, Rabu (20/11/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

Rifdal mengungkapan, pihaknya tidak mempersoalkan terduga teroris Ananda Putra dimakamkan di TPU Kemiri. “Kami selama dia muslim ya kami kebumikan. Sebatas aparat bisa mempertanggungjawabkan dan tidak ada permasalahan di belakang,” ucap Rifdal.

Sebelumnya, dua terduga teroris juga sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk selanjutnya dimakamkan. Jenazah pertama yang dimakamkan pelaku bom bunuh diri Rabbial Muslim Nasution di TPU Sei Sikambing pada Senin (18/11/2019). Selanjutnya terduga teroris Khairuddin yang dimakamkan di TPU Sicanang, Desa Sicanang, Kelurahan Medan Belawan pada Selasa (19/11/2019).

Diketahui, sampai saat ini, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 bersama Polda Sumut sudah mengamankan 30 terduga teroris pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Tiga di antara terduga teroris ini meninggal dunia.


Editor : Maria Christina