Jokowi Ajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri

Tim iNews.id ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 12:47:00 WIB
Jokowi Ajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri
Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Nama Listyo saat ini sudah diserahkan oleh Jokowi ke DPR RI untuk menjalani fit and proper test. 

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan Presiden sudah menyerahkan nama tunggal calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. 

"Presiden mengajukan calon tunggal Bapak Listyo Sigit Prabowo," kata Puan Maharani. 

Puan mengatakan, surat pengajuan Komjen Listyo disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Sekitar Pukul 10.40 WIB, Pratikno datang ke Gedung DPR untuk menyampaikan Surat Presiden (Surpres) berisi pencalonan Komjen Sigit Listyo Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Sebelumnya, nama Listyo masuk dari lima jenderal bintang tiga yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Jokowi. 

Ketua Kompolnas yang juga Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan lima nama calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yakni Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Editor : Stepanus Purba