Pilgub Sumut

JR Saragih-Ance Selian Dikabarkan Mendaftar Hari Kedua

Stepanus Purba ยท Selasa, 09 Januari 2018 - 12:15 WIB
JR Saragih-Ance Selian Dikabarkan Mendaftar Hari Kedua
Hingga Selasa siang, kantor KPU Sumut masih belum didatangi bakal pasangan calon gubernur yang akan mendaftar. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Hari kedua pendaftaran bakal  calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut), kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut yang ada berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 35 Medan, diwarnai hujan gerimis. Hingga pukul 10.00 WIB, puluhan awak media dan petugas kepolisian tampak sudah menunggu di Gedung KPU Sumut.

Belum tampak pendukung dari pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang hadir ke gedung KPU Sumut. Namun terdengar kabar di kalangan awak media bahwa bakal pasangan calon (paslon) Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian dikabarkan akan mendaftar ke KPU Sumut pada hari ini, Selasa (9/1/2018).

Pasangan JR Saragih-Ance Selian maju dalam kontestasi Pilgub Sumut 2018 dengan dukungan koalisi dua partai politik, yakni Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total 20 kursi di DPRD Sumut. JR Saragih saat ini masih menjabat sebagai Bupati Simalungun dan juga sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumut. Sementara itu, Ance Selian merupakan anggota DPRD Sumut yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sumut.

KPU Sumut sudah membuka pendaftaran paslon gubernur dan wakil gubernur Sumut pada Senin 8 Januari 2018 hingga 10 Januari 2018 besok. Pada pendaftaran hari pertama kemarin, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah sudah mendaftar ke KPU Sumut.

Pasangan calon ini mendapat dukungan dari enam koalisi partai politik. Adapun keenam pendukung pasangan Edy-Ijeck adalah Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Golkar, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Sementara itu pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang didukung oleh PDIP, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus dikabarkan masih mencari dukungan dari partai lain. Pasalnya, PDIP hingga masih membutuhkan koalisi partai karena hanya memiliki 16 kursi di DPRD Sumut.

Itu artinya, Djarot-Sihar membutuhkan tambahan empat kursi lagi untuk maju dalam Pilgub Sumut. Syarat minimal dukungan calon gubernur dan wakil gubernur yang ditetapkan KPU adalah 20 kursi.


Editor : Donald Karouw