Jumlah ODP Korona di Sumut Bertambah Jadi 88 Orang

ยท Senin, 16 Maret 2020 - 20:00 WIB
Jumlah ODP Korona di Sumut Bertambah Jadi 88 Orang
Kepala Dinkes Sumut Alwi Mujahit Hasibuan menjelaskan kondisi Sumut yang sejauh ini masih aman dari penyebaran virus korona, Jumat (13/3/2020). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Jumlah orang dalam pemaantauan (ODP) virus korona di Sumatera Utara terus bertambah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut menyebutkan saat ini jumlah ODP virus korona sebanyak 88 orang. Jumlah itu naik 70 orang dari sebelumnya yang hanya 18 ODP.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan menyebutkan, ke-88 orang berstatus ODP virus Covid-19 di Sumatera Utara tersebut kondisinya saat ini masih sehat. "Mereka ODP karena ada kontak. Walau begitu, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, mereka sehat," kata Alwi, Senin (16/3/2020).

Dari 88 orang yang dinyatakan ODP, kata dia, sebagian besar di antaranya merupakan para peserta yang mengikuti tablig akbar di Malaysia beberapa waktu lalu. Untuk para peserta tablig akbar ini, Alwi menuturkan, masa isolasi mandiri segera berakhir.

"Para peserta tablig akbar selesai pada Selasa (17/3/2020) besok masa pemantauannya. Karena tabligh akbar dilaksanakan pada (3/3/2020) lalu dan sejak saat itu mereka dalam pantauan," ucap Alwi.

Sementara itu, sebanyak 27 anggota DPRD Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara saat ini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) virus korona.

Puluhan wakil rakyat itu diisiolasi di rumah masing-masing selama 14 hari pascapulang kunjungan kerja (kunker) dari Bali.

Akibat banyaknya anggota Dewan yang dkarantina, aktivitas di Gedung DPRD Kota Pematangsiantar, Senin (16/3/2020) tampak sepi. Sejumlah ruangan komisi dan ruangan rapat gabungan sepi tanpa kehadiran anggota Dewan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Pematangsiantar, dokter Erika Silitonga mengatakan, penetapan status ODP terhadap 27 anggota Dewan itu untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus korona pasca kepulangan anggota Dewan dari Bali beberapa hari yang lalu.

“Ya betul, jadi 27 anggota DPRD Pematangsiantar yang kemaren berkunjung ke Bali masuk dalam ODP. Itu berdasarkan saat berada di Bali. Kalau sekarang itu, ODP orang yang berkunjung ke daerah terjangkit. Di Indonesia itu seperti Jakarta, Jateng, Bali, Cirebon, Solo,” katanya, Senin (16/3/2020).


Editor : Kastolani Marzuki