Kabut Asap Tebal di Medan Sebabkan Harga Ikan Naik

Rusli HR ยท Rabu, 25 September 2019 - 23:29 WIB
Kabut Asap Tebal di Medan Sebabkan Harga Ikan Naik
Pedagang ikan di Pasar Deli Jalan Palapa Pulau Brayan Kota Medan, Rabu (25/9/2019). (Foto: iNews/Rusli HR)

MEDAN, iNews.id - Harga ikan di Kota Medan Sumatera Utara mengalami kenaikan dari 10 hingga 20 persen, terpantau Rabu (25/9/2019). Diduga, kenaikan ini akibat nelayan yang tidak dapat melaut akibat asap tebal dan cuaca buruk yag terjadi dalam 1 bulan terakhir.

Seperti yang tejadi di Pasar Medan Deli Jalan Palapa Pulau Brayan Kota Medan, sejumlah harga ikan mengalami kenaikan. Ikan laut seperti ikan dencis yang awalnya di harga 20 ribu rupiah, kini naik menjadi 25 ribu rupiah per kilo dan ikan salam yang awalnya 22 ribu rupiah, naik menjadi 27 ribu per kilo.

Menurut salah satu pedagang ikan di Pasar Deli, Marno mengatakan hampir semua ikan laut mengalami kenaikan harga. “Sudah 1 bulan ini naik harganya,” katanya.

Kenaikan harga ikan ini mengakibatkan turunnya jumlah pembeli. Pedagang harus menunggu lama untuk mendapat kiriman ikan dan ada juga yang bersisa karena menurunnya daya beli masyarakat.

Sebelumnya, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dan sekitarnya berdampak ke wilayah Sumatera Utara (Sumut). Selain kiriman asap, jarak pandang yang terbatas juga dikeluhkan warga Medan.


Editor : Umaya Khusniah