Kantornya Dilempari Bom Molotov, LBH Medan: Ini Teror Terhadap Penegakan HAM

Stepanus Purba ยท Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:12 WIB
Kantornya Dilempari Bom Molotov, LBH Medan: Ini Teror Terhadap Penegakan HAM
Potongan rekaman gambar saat api membakar Kantor LBH Medan usai dilempar bom molotov. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan menilai aksi pelemparan bom molotov di kantornya sebagai teror. Tindakan ini bentuk usaha menciptakan ketakutan terhadap pegiat hak asasi manusia (HAM).

Dalam video yang beredar, tampak kobaran api menyala pada dua titik di bagian atap Kantor LBH Medan. Satu titik api di bagian depan dan lainnya di samping bangunan. Namun keduanya tak sampai membakar habis bangunan tersebut.

Kepala Divisi Buruh dan Miskin Kota LBH Medan Maswan Tambak mengatakan, selama ini lembaganya bekerja untuk mengadvokasi masyarakat dalam rangka penegakan hukum dan HAM. Adanya aksi membuat mereka mereka terkejut dan mendesak polisi untuk mengungkap dalangnya.

"Bagi kami ini merupakan teror terhadap penegakan HAM," ujar Maswan kepada sejumlah wartawan, Sabtu (19/10/2019).

Dia mengaku belum mengetahui motif dibalik aksi tersebut. Mereka menyerahkan penanganan kasus ini ke polisi yang masih menyelidiki dengan menggali keterangan sejumlah saksi.

"Kejadian ini sudah kami laporkan dan masih diselidiki petugas," katanya.

Diketahui, Kantor LBH Medan yang berlokasi di Jalan Hindu Nomor 12, Kesawan Medan dilempari bom molotov oleh orang tak dikenal (OTK), Sabtu (19/10/2019) pukul 02.30 WIB. Molotov itu sempat mengeluarkan api namun tak sampai membuat Kantor LBH Medan terbakar.


Editor : Donald Karouw