Kapolda Sumut: 2 Terduga Teroris yang Ditembak Mati di Deliserdang Perakit Bom Bunuh Diri

Stepanus Purba ยท Sabtu, 16 November 2019 - 20:01 WIB
Kapolda Sumut: 2 Terduga Teroris yang Ditembak Mati di Deliserdang Perakit Bom Bunuh Diri
Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) ‎Irjen Pol Agus Andrianto menyebutkan, tiga orang terduga teroris yang diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, merupakan jaringan dari pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, pada Rabu (13/11/2019). Dua di antaranya yang ditembak mati, diketahui sebagai perakit bom bunuh diri.

Ketiganya diamankan oleh tim Densus 88 bersama-sama dengan Polda Sumut di Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (16/11/2019), pukul 10.50 WIB. Masing-masing terduga teroris yang diamankan berinisial A, K dan P.

“Ketiganya merupakan pelaku jaringan kasus peledakan yang berupa bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Saat penangkapan, mereka melakukan perlawanan dengan senpi rakitan dan senjata tajam sehingga saat penangkapan, dua di antara tiga pelaku meninggal dunia,” kata Kapolda Sumut kepada wartawan di Medan, Sabtu (16/11/2019).

Kapolda juga mengatakan, saat penangkapan tiga terduga teroris, salah satu anggota tim Densus 88 Antiteror terluka di bagian pinggang dan paha.

“Anggota mengalami luka tusuk sedalam 4 sentimeter (cm). Sekarang sudah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara, sudah dioperasi dan sudah dijahit. Sekarang sedang proses pemulihan,” kata Kapolda Sumut.

Sementara pascapenangkapan dan penembakan dua terduga teroris itu, jenazah kedua terduga teroris sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan. Sementara itu, satu terduga teroris lainnya sudah diamankan di Mako Brimob untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Diketahui, Rabu (13/11/2019) pagi pukul 08.45 WIB lalu, terjadi ledakan di Makopolrestabes Medan di Jalan HM Said Medan. Ledakan itu dari bom bunuh diri yang dilakukan seorang pria yang diidentifikasi sebagai Rabbial Muslim Nasution (24).

Sebelum terjadi ledakan, seorang laki-laki terekam CCTV menggunakan jaket driver ojek online, terlihat di halaman Mapolrestabes Medan. Tidak lama kemudian, terjadi ledakan bom bunuh diri. Pelaku tewas dengan kondisi mengenaskan. Potongan tubuhnya berceceran di halaman Mapolrestabes Medan.

Ledakan itu juga mengakibatkan enam korban terluka, masing-masing empat polisi, satu pegawai harian lepas (PHL), dan satu warga sipil. Selain itu, ledakan bom bunuh diri tersebut mengakibatkan sejumlah kendaraan rusak. Tiga di antaranya kendaraan dinas dan satu kendaraan pribadi.


Editor : Maria Christina