Kasus Corona Pertama di Pematangsiantar, Pedagang Keliling Positif Hasil Tes Swab

Sindonews, Ricky Fernando Hutapea ยท Senin, 04 Mei 2020 - 12:56:00 WIB
Kasus Corona Pertama di Pematangsiantar, Pedagang Keliling Positif Hasil Tes Swab
Ilustrasi positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Seorang pedagang keliling di Kota Pematangsiantar dinyatakan positif Covid-19 hasil tes swab dan dirawat di RSUP H Adam Malik Medan. Ini merupakan kasus positif pertama virus corona di Siantar setelah sebelumnya dinyatakan bersih. 

Pedagang tersebut diketahui seorang perempuan warga Siantar Utara. Dia sudah menjalani perawatan sejak akhir April dan hasil tes swab miliknya baru keluar pada Minggu (3/5/2020).

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid 19 Kota Pematangsiantar Daniel H Siregar mengatakan, Kota Pematangsiantar belum bebas dari penyebaran virus corona pasca-keluarnya hasil swab seorang pedagang yang menyatakan positif. Dia meminta warga waspada dengan potensi penyebaran.

"Potensi penyebaran virus Covid 19 sangat rawan meluas jika warga tidak waspda karena pasien positif corona hasil swab ini merupakan pedagang keliling," ujar Daniel, Senin (4/5/2020).

Dia berharap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan dan menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap sehat.

Daniel mengungkapkan, perkembangan data saat ini, ada seorang ODP dengan gejala dan ODP tanpa gejala 192 orang. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) lima orang, negatif swab 1 orang dan positif hasil swab 1 orang. Sementara ODP yang selesai dipantau mencapai 1.432 orang.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: