Kasus Korupsi Renovasi Sirkuit Tartan Atletik, Kantor Dispora Sumut Digeledah

Stepanus Purba ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 15:25 WIB
Kasus Korupsi Renovasi Sirkuit Tartan Atletik, Kantor Dispora Sumut Digeledah
Penyidik Polda Sumatera Utara saat mengeledah salah satu ruangan di Kantor Dispora Sumut, Kamis (18/7/2019). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Diteskrimsus) Polda Sumatera Utara menggeledah Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut di Jalan Willem Iskandar Pancing Medan, Kamis (18/7/2019). Penggeledahan ini ditengarai terkait korupsi proyek renovasi lintasan Sirkuit Tartan Atletik PPLP Provinsi Sumut tahun anggaran 2017.

Pantauan iNews.id, penyidik Tipikor Polda Sumut dipimpin Kanit IV Kompol Hartono tiba di Kantor Dispora pukul 09.30 WIB. Setiba di Kantor Dispora Sumut, penyidik langsung masuk ke dalam ruang Kabid Sarana dan Prasarana Sujamrat Sudha, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda Sumut.

Penggelahan ini turut disaksikan Sekretraris Dispora Sumut Rudi Rinaldi. Selanjiutnya dari ruangan kabid, penyidik melanjutkan dengan menggeledah ruangan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian. Namun beliau tidak berada di tempat karena sedang tugas dinas ke luar kota.

Hingga berita ini diturunkan, tak ada penyidik yang bersedia memberi keterangan terkait penggeledahan tersebut. Selain itu, sejumlah ASN Dispora Sumut juga memilih bungkam.

Diketahui, proyek renovasi lintasan Sirkuit Tartan Atletik PPLP Provinsi Sumut tahun 2017 ini memiliki pagu anggaran Rp 4,797 miliar. Dalam pelaksanaannya diduga menyebabkan kerugian negara hingga Rp 1,537 miliar. Kasus ini juga telah menjerat Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Sumut Sujamarat Sudha sebagai tersangka.

Sejauh ini, Polda Sumut telah meminta keterangan 20 saksi, termasuk Kadispora Sumut Baharudin Siagian sebagai Kuasa Pengguna Anggaran yang diperiksa Februari 2019.


Editor : Donald Karouw