Kebakaran di Pasar TPO Tanjung Balai, Ratusan Kios Pakaian Bekas Dilalap Api

Stepanus Purba ยท Selasa, 26 November 2019 - 09:59:00 WIB
Kebakaran di Pasar TPO Tanjung Balai, Ratusan Kios Pakaian Bekas Dilalap Api
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar ratusan kios pakaian bekas di Pasar TPO Tanjung Balai, Sumut, Selasa dini hari (26/11/2019). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Ratusan kios pakaian bekas di Pasar TPO, Kelurahan Matahalasan, Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut), ludes terbakar, Selasa (26/11/2019) dini hari tadi. Api mulai membakar ratusan kios yang terbuat dari kayu ini sekitar pukul 01.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, api berasal dari bagian belakang Pasar TPO. Bagian belakang Pasar TPO berbatasan langsung dengan permukiman warga. Namun, hingga saat ini belum diketahui asal muasal api tersebut.

Api dengan cepat menyebar karena dinding kios banyak yang terbuat dari papan atau kayu. Ditambah lagi, kios-kios pada umumnya berisi barang dagangan berupa pakaian-pakaian bekas yang sangat mudah terbakar.

Bahkan, mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Tanjung Balai yang datang beberapa saat setelah terjadinya kebakaran, tidak mampu menjinakkan kobaran api.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang pedagang, peristiwa serupa juga pernah terjadi pada 24 Januari 2016 lalu. Kebakaran saat itu menghanguskan ratusan kios di lokasi yang sama.

“Ini yang kedua kali. Dulu pernah juga. Kios saya habis. Kali ini kios saya juga habis rata sama tanah,” kata seorang pemilik kios di Pasar TPO Tanjung Balai, Syarifuddin, Selasa (26/11/2019).

Jumlah kerugian akibat terjadinya kebakaran tersebut diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Sebab, pada umumnya barang dagangan milik pedagang yang tinggal di dalam kios ludes terbakar.


Editor : Maria Christina