Kecam Kekerasan Muslim India, Massa Ormas Islam Demo Kantor Konjen di Medan

Stepanus Purba ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 19:05:00 WIB
Kecam Kekerasan Muslim India, Massa Ormas Islam Demo Kantor Konjen di Medan
Demo ormas Islam kecam kekerasan terhadap muslim di India di depan Kantor Konjen India di Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Massa dari berbagai organisasi Islam di Kota Medan menggelar unjuk rasa di depan Konsulat Jendral (Konjen) India di Jalan Uskup Agung Medan, Jumat (13/3/2020). Demo ini sebagai kecaman dengan konflik antaragama yang terjadi di India pascarevisi UU Kewarganegaraan.

Pantauan iNews.id, massa ormas Islam tiba di Kantor Konjen India pukul 15.51 WIB. Mereka selanjutnya menggelar Salat Ashar di ruas Jalan Sudirman sebelum berorasi.

Dalam orasinya, massa mengecam tindakan kekerasan yang dialami umat Muslim India. Mereka menilai revisi UU Kewarganegaraan merupakan pintu masuk kekerasan di India.

"Kedatangan kami hari ini untuk membela saudara-saudara kami yang mengalami kekerasan di India," kata seorang orator dengan pengeras suara dari atas mobil komando.

Perwakilan massa ini mendesak masuk agar bisa bertemu dengan perwakilan Konjen India. Mereka memilih bertahan untuk menyampaikan aspirasi sampai tuntutan mereka terpenuhi.

Di lokasi demo, tampak dilakukan ratusan aparat polisi. Selain itu ditempatkan pagar berduri di depan kantor Konjen India.


Editor : Donald Karouw