Kecewa Dapat Surat Keterangan Pengganti e-KTP, Warga Nias Mengamuk di Kantor Disdukcapil

Iman Jaya Lase ยท Selasa, 29 September 2020 - 17:49:00 WIB
Kecewa Dapat Surat Keterangan Pengganti e-KTP, Warga Nias Mengamuk di Kantor Disdukcapil
Aksi pelaku AL saat mengamuk di Kantor Disdukcapil Kabupaten Nias. (Foto: iNews/Iman Jaya Lase)

NIAS, iNews.id - Video seorang warga berinsial AL asal Kecamatan Simolo-molo Kabupaten Nias mengamuk di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nias, viral di media sosial. Pemuda tersebut mengamuk karena tidak menerima e-KTP, tetapi hanya surat keterangan pengganti.

Dari rekaman video, pemuda tersebut terlihat mengamuk dengan membanting sejumlah kursi plastik di Kantor Disdukcapil Nias. Selain itu, AL juga berteriak-teriak berkeliling kantor.

Pegawai di Disdukcapil Nias awalnya memilih mendiamkan korban saat mengamuk. Namun karena aksinya semakin anarkis, sejumlah pegawai kemudian bergerak mengamankan pelaku dan selanjutnya diserahkan ke Polres Nias.

Kepala Disdukcapil Nias, Martahani mengatakan aksi anarkistis pelaku berawal karena tidak terima diberikan surat keterangan pengganti e-KTP. Pelaku diberikan surat keterangan karena Disdukcapil Nias kehabisan blanko.

"Pelaku awalnya menerima surat keterangan yang kami berikan. Tak hanya itu, pelaku juga memperbanyak surat keterangan tersebut dan sudah distempel basah oleh staf kantor Disdukcapil Nias," Martahani Matondang, Selasa (29/9/2020).

Namun selang beberapa menit setelah menerima surat tersebut, AL tiba-tiba berbuat anarkistis dengan membanting kursi, meja, dan pintu kantor.

"Paling anarkis adalah ketika naik ke atas meja pelayanan. Karena terlalu anarkistis, AL kemudian diamankan sejumlah pegawai di Disdukcapil Nias," kata Martahani.

Setelah diamankan, AL kemudian diserahkan petugas ke Polres Nias untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Namun demikian, pihak dinas akan menghentikan proses hukum jika pihak keluarga dari AL bersedia meminta maaf dan mengklarifikasi kejadian tersebut di media sosial.

Sementara itu, Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan mengatakan AL diamankan di Polsek Gido. Dia diamankan karena aksinya merusak sejumlah fasilitas kantor Disdukcapil Nias.

"AL diamankan karena mengamuk di Disdukcapil Nias. Dia mengamuk karena merasa tidak puas dengan pelayanan di kantor tersebut," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba