Kejati Sumut Larang Jaksa dan Pegawai Mudik Lebaran

Stepanus Purba ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 18:00:00 WIB
Kejati Sumut Larang Jaksa dan Pegawai Mudik Lebaran
Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) IBN Wiswantanu melarang seluruh jaksa dan pegawai di jajaran Kejati Sumut untuk mudik dan berpergian ke luar daerah selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Jaksa atau pegawai yang nekat pergi akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan larangan itu tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Jaksa Agung Burhanuddin. Dalam instruksinya, Burhanuddin meminta seluruh jaksa dan pegawai di lingkungan kejaksanaan untuk tetap berada di tempat tugas masing-masing. 

Namun demikian, Sumanggar megnatakan larangan berpergian tersebut dikecualikan terkait hal-hal khusus seperti dalam rangka tugas atau keluarga inti yang sedang sakit. 

“Ada beberapa pengecualian, dan itu dibuktikan secara bersurat,” ujarnya.

Dia pun meminta peran serta masyarakat yang mengetahui apabila ada oknum jaksa dan pegawai kejaksaan yang mudik atau bepergian ke luar daerah. Masyarakat dapat melaporkan oknym jaksa yang nakal tersebut melalui aplikasi Si-Pelaku Dumas Kejati Sumut. 

Selain itu, Kejati Sumut juga akan memberikan sanksi tegas kepada seluruh jaksa atau pegawai yang tetap nekat berpergian sesuai aturan yang ditetapkan. 

"Bagi pegawai kejaksaan yang melanggar larangan tersebut akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: