Kemarau Landa Gunungsitoli, 2,5 Hektare Lahan Kebun Warga Terbakar

Antara · Sabtu, 29 Februari 2020 - 09:09 WIB
Kemarau Landa Gunungsitoli, 2,5 Hektare Lahan Kebun Warga Terbakar
Kebakaran lahan akibat kemarau di Dusun II dan IV Desa Niko’otano Dao, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Kota Gunungsitoli, Sumut, Jumat (28/2/2020). (Foto: Antara)

GUNUNGSITOLI, iNews.idKebakaran lahan terjadi di Dusun II dan IV Desa Niko’otano Dao, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut). Lahan kebun milik warga seluas 2,5 hektare habis dilalap api akibat kemarau.

Petugas Pemadam Kebakaran (damkar) Pemkot Gunungsitoli Yusgo Telaumbanua mengatakan, awalnya mendapat info terjadi kebakaran di Desa Niko’otano Dao. Tim selanjutnya dikerahkan ke lokasi dengan mengerahkan 3 unit armada damkar dibantu 1 unit mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 1 unit mobil Dalmas dan 2 unit mobil Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP).

"Setelah kami terjun ke lokasi, api yang membakar kebun warga dapat dipadamkan dalam waktu singkat. Tidak ada rumah yang terbakar maupun korban terluka dalam kejadian ini," katanya, Jumat (29/2/2020).

Soni seorang warga setempat mengatakan, kebakaran lahan ini diduga akibat cuaca panas dan angin kencang yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini di Kota Gunungsitoli.

“Untung petugas damkar cepat datang sehingga api cepat padam dan tidak meluas,” ujarnya.

Proses pemadaman juga melibatkan Babinsa Ramil 01/Gunungsitoli, personil Polisi Sektor Alo’oa dan warga setempat.

"Kami perkirakan kebun yang terbakar luasnya kurang lebih 2,5 hektare," kata Soni.


Editor : Donald Karouw