Keracunan Jamur Sawit, Sekeluarga di Tapsel Dilarikan ke Rumah Sakit

Wahyudi Aulia Siregar ยท Jumat, 10 Juni 2022 - 00:14:00 WIB
Keracunan Jamur Sawit, Sekeluarga di Tapsel Dilarikan ke Rumah Sakit
Ilustrasi korban keracunan makanan dirawat di rumah sakit (Foto: Ilustrasi/Ist)

TAPANULI SELATAN, iNews.id - Satu keluarga di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut) dilarikan ke rumah sakit. Pasalnya, ayah, ibu dan anak itu mengalami gejala keracunan, Kamis (9/6/2022). 

Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, saat dikonfirmasi membenarkan adanya insiden itu. Ketiganya yakni Ali Akbar (58), istrinya Eriani Siregar dan anak mereka Muhammad Aslan (9). 

"Mereka mengalami mual dan muntah-muntah usai menyantap jamur dari tanaman kelapa sawit yang dibawa pulang korban sehari sebelumnya," kata Roman, Kamis (9/6/2022).

Roman menambahkan, jamur tersebut dipetik Ali Akbar dari kebun sawit miliknya di Desa Perkebunan, Kecamatan Angkola Sangkunur. Jamur itu kemudian di bawa pulang ke rumah mereka di Dusun Matahari, Desa Hapesong Baru, Kecamatan Batang Toru.

Setibanya di rumah, korban Ali memberikan jamur tanaman kelapa sawit itu ke istrinya untuk disimpan di dalam lemari es. Esok paginya, sang istri Eriani Siregar memasak ikan gulai yang dicampur dengan jamur tersebut.

"Setelah mengkonsumsi makanan tersebut Ali dan keluarganya merasa pusing, mual dan muntah-muntah. Ali kemudian melapor ke Bhabinkamtibmas setempat," kata Roman. 

Saat ini, kata Roman, Ali Akbar beserta keluarganya sudah dibawa ke Puskesmas Batangtoru, guna mendapat perawatan medis. Rencananya, Ali Akbar beserta keluarga, akan dirujuk ke Rumah Sakit Inanta Kota Padangsidimpuan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

"Untuk insiden ini kita masih lidik. Kita sudah kumpulkan sampel makanan untuk diperiksa guna mengetahui secara pasti penyebab keracunan ini," pungkasnya. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: