Komplotan Pencuri Kabel PLN di Labuhanbatu Ditangkap Polisi

Stepanus Purba ยท Jumat, 18 September 2020 - 10:33:00 WIB
Komplotan Pencuri Kabel PLN di Labuhanbatu Ditangkap Polisi
Tersangka HFT dan S saat diamankan di Polres Labuhanbatu. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Personel Unit Reskrim Polres Labuhanbatu menangkap dua dari tiga komplotan pencuri kabel milik PLN di Labuhanbatu. Kedua pelaku yang diamankan yakni HFT alias Dian (38) dan S alias Retno (27) sedangkan satu orang rekannya masih dalam pengejaran petugas.

Kasat Reskrim Polres Labuhanbat, AKP Parikhesit mengatakan komplotan ini sudah mencuri kabel di tiga lokasi di Labuhanbatu. Awalnya komplotan ini mencuri kabel di kompleks Perumahan Pinang Awan, Jalan Lintas Pinang Awan, Dusun Cikampak Tengah, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Labuhanbatu Selatan.

"Selanjutnya, Lalu di Jalan Lintas Langga Payung depan warung sembako milik Kohir di Kelurahan Pinang Awan, Kecamatan Silangkitang. Kemudian di Jalan Besar Rintis Desa Rintis, Kecamatan Silangkitang tepatnya di depan toko bangunan Usaha Baru," ujarnya, Kamis (17/9/2020).

Penangkapan pelaku berawal dari kecurigaan petugas PLN melihat satu unit mobil Toyota Avanza warna hitam yang terparkir di Jalan Besar Rintis, Desa Rintis, Senin (14/9/2020). Saat petugas melakukan pengecekan ke kendaraan tersebut, para pelaku malah berusaha kabur.

"Dari tiga orang, dua di antaranya berhasil kami amankan. Selain itu, kami juga menyita kabel listrik yang disimpan di dalam goni plastik," kata Parikhesit.

Petugas PLN kemudian membawa pelaku ke Polres Labuhanbatu untuk selanjutnya menjalani proses hukum.

"Selain kedua pelaku, kami mengamankan 12 meter kabel in out, satu unit trafo, satu unit mobil Toyota Avanza dengan nomor plat BM 1547 JV, gunting kabel, tang potong, tali panjat, kunci inggris, kunci pas 17/14, kunci 17/19 dan kabel out sekitar 8 meter," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba