Komplotan Pencuri Sepeda Motor di Batubara Ditangkap Polisi

Fadly Pelka · Selasa, 07 Juli 2020 - 11:52 WIB
Komplotan Pencuri Sepeda Motor di Batubara Ditangkap Polisi
Ketiga tersangka saat diamankan di Mapolsek Medang Deras. (Foto: iNews/Fadly Pelka)

BATUBARA, iNews.id - Personel Unit Reskim Polsek Medang Deras Satreskrim Polres Batubara menangkap komplotan pencuri sepeda motor yang kerap beraksi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Ketiga pelaku yang diamankan yakni Suhendro alias Hedro (22), Priandi alias Andi Kacong (30) dan Supri (42).

Kapolsek Medang Deras AKP Jhoni Siregar mengatakan, penangkapan pelaku berawal pengaduan seorang warga yang kehilangan sepeda motornya ke Polsek Medang Deras pada Minggu (5/7/2020). Korban yang bernama Muhammad Yusuf (57) kehilangan sepeda motor merek Yamaha Vixion dengan nomor polisi BK 3116 VAR di persawahan Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

"Korban sadar sepeda motornya hilang saat hendak mengisi air ke tangki penyemprot hama. Saat itu, korban tidak melihat sepeda motornya yang sebelumnya diparkir di areal persawahan," kata Jhoni Siregar, Selasa (7/7/2020).

Sadar sepeda motornya hilang, korban kemudian mengecek dan bertanya kepada sejumlah warga yang ada di areal persawahan. Kepada korban, warga mengaku melihat sepeda motor tersebut dibawa kabur seseorang yang menggunakan masker dan topi.

"Berdasarkan keterangan warga tersebut, Syahril kemudian mengecek ke arah Simpang Galon, Kecamatan Medang Deras. Namun karena tidak menemukan hasil, korban kemudian kembali kerumah," kata Jhoni.

Namun saat sore hari, seorang kerabat dari korban bernama Ali mendatangi korban. Kepada korban, Ali mengatakan sepeda motor korban dibawa oleh Hendro.

"Pada saat itu, pelaku sudah diamankan oleh warga yang mengetahui sepeda motor yang dibawanya hasil curian," ujarnya.

Petugas Unit Reskrim Polsek Medang Deras yang mendapat informasi menuju lokasi untuk mengamankan pelaku Hendro. Kepada petugas, Hendro mengakui seluruh perbuatannya. Saat beraksi, pelaku mengaku beraksi bersama dengan Priandi alias Andi Kacong.

"Setelah berhasil membawa kabur sepeda motor tersebut, Hendro kemudian menggadaikan sepeda motor tersebut kepada Manto sebesar Rp500.000. Saat menggadaikan sepeda motor tersebut, Hendro ditemani oleh Supri," ucapnya.

Berdasarkan pengakuan dari Hendro, polisi selanjutnya menangkap tersangka Andi Kacong dan Supri. Selain itu, petugas juga mengamankan sepeda motor korban di Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Asahan.

"Sedangkan tersangka Manto masih dalam pengejaran petugas," ucapanya.


Editor : Stepanus Purba