KPU Agendakan 3 Kali Debat Pilkada Medan

Antara ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:03 WIB
KPU Agendakan 3 Kali Debat Pilkada Medan
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) agendakan akan menyelenggarakan tiga kali debat kandidat pasangan calon (paslon) Pilkada Medan 2020. Debat pilkada pertama dilangsungkan pada November mendatang.

"Kami masih sinkronisasikan jadwal dengan tim kampanye pasangan calon nomor urut 1 Akhyar Nasution-H Salman Alfarisi dan nomor urut 2 M Bobby Nasution-Aulia Rachman. Rakornya akan diadakan Senin depan untuk bahas ini," ujar Komisioner KPU Medan M Rinaldi Khair, Jumat (16/10/2020).

Menurutnya, debat kandidat pertama diagendakan pada 7 November. Kemudian debat kedua 21 November dan terakhir pada 5 Desember 2020.

Selain debat, kedua paslon juga akan diminta pandangannya terkait kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian covid. Kemudian soal materi atau tema debat, KPU Medan akan mengundang para ahli di masing-masing bidang ini untuk menjadi tim penyusun dari kalangan profesional, akademisi maupun tokoh masyarakat.

"Kami akan laksanakan usai rakor dengan kedua tim paslon Pilkada Medan," katanya.

Dalam debat tersebut, nantinya seluruh peserta wajib mematuhi protokol kesehatan. Kemudian para undangan tidak boleh membawa alat peraga atau atribut kampanye, meneriakkan yel-yel yang dapat mengganggu ketertiban acara debat.

"Para tamu wajib mematuhi ketentuan mengenai status penanganan covid sesuai yang ditetapkan pemerintah atau gugus tugas percepatan penanganan covid," katanya.


Editor : Donald Karouw