KPU Buka Pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 4-6 September

Antara ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 09:25:00 WIB
KPU Buka Pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 4-6 September
Komisioner KPU Medan saat memaparkan proses dan syarat pendaftaran paslon yang akan maju di Pilkada Medan. (Foto: ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera membuka pendaftaran bakal calon pasangan wali kota dan wakil wali kota Medan pada Pilkada Serentak 2020. Sesuai jadwal, pembukaan berlangsung selama tiga hari di awal September.

"Pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Medan dibuka selama tiga hari, mulai 4 hingga 6 September 2020," ujar Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik, Sabtu (29/8/2020).

Dia mengatakan, pendaftaran peserta Pilkada Medan 2020 dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Kemudian pada hari terakhir hingga tengah malam atau pukul 24.00 WIB.

Menurutnya saat pendaftaran, pimpinan partai politik pengusung (ketua dan sekretaris) wajib datang. Termasuk juga pasangan calon yang diusung.

“Kami imbau kepada parpol agar tidak mendaftar saat injury time untuk mengantisipasi kekurangan berkas. Kalau mendaftar di awal, kemudian ada berkas yang kurang masih ada waktu untuk dilengkapi. Namun jika mendaftar hari terakhir lalu ada berkas urang lengkap, dengan sangat menyesal KPU akan menolaknya," kata Agussyah.

Dia menambahkan, syarat minimal dukungan bapaslon dari partai politik atau gabungan parpol yakni memiliki 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan.

Sementara Komisioner KPU Medan Rinaldi Khair mengatakan, saat mendaftar bapaslon harus membawa formulir B.1KWK atau surat dukungan parpol dari tingkat pusat.

“Jika bapaslon berhalangan hadir bisa diwakilkan, namun harus menunjukkan surat berhalangan dari instansi terkait. Jika tidak alasan proses pendaftaran tidak diterima," katanya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: