KPU Medan Rekrut 55 Orang Relawan untuk Sosialiasikan Pemilu

Stepanus Purba ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 14:24 WIB
KPU Medan Rekrut 55 Orang Relawan untuk Sosialiasikan Pemilu
KPU Kota Medan sosialisasikan Audit dan Aplikasi Dana Kampanye Pemilu 2019 di salah satu hotel di Medan, Senin (17/12/2018). (Foto: Sindonews/Andi Yusri)

MEDAN, iNews.id - KPU Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) merekrut 55 orang relawan yang diberi nama Relawan Demokrasi Pemilu untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019.

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat KPU Kota Medan, Edy Suhartoni mengatakan, nantinya para relawan ini akan dilatih untuk tugas-tugas KPU saat pesta demokrasi pada April mendatang.

"Mereka akan dilatih untuk melakukan sosialisasi pada 11 segmen pemilih yang tersebar di 21 Kecamatan," kata Edy di Kantor KPU Kota Medan, Sumut, Sabtu (12/1/2019).

Untuk proses rekrutmennya sendiri, kata dia, sudah membuka pendaftaran hingga 14 Januari mendatang. Informasi pengumuman dan berkas formulir dapat diakses dan diunduh di laman website KPU Medan atau klik di www.bit.ly/relawandemokrasimedan.

"Usai pendaftaran, kita akan melakukan verifikasi berkas, dan relawan demokrasi yang lulus seleksi akan kita umumkan pada 17 Januari," ujarnya.

Para Relawan Demokrasi Pemilu ini, kata dia, akan diberi pembekalan lebih dulu sebelum diterjunkan ke lapangan, dan melakukan kegiatan sosialisasi.

Adapun 11 segmen basis pemilih dimaksud adalah basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, tokoh agama, disabilitas, marjinal, komunitas, berkebutuhan khusus, warga internet dan relawan demokrasi.

Para Relawan Demokrasi ini nantinya bekerja melakukan sosialisasi di 11 segmen tersebut, dan masing masing segmen terdiri dari 5 orang.

"Mereka akan bekerja selama 3 bulan dan melaporkan secara periodik kegiatan sosialisasi yang dilakukannya ke KPU Kota Medan," kata Edy.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal