KPU Sumut: Tingkat Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2019 Lampaui Target Nasional

Stepanus Purba ยท Senin, 06 Mei 2019 - 16:08 WIB
KPU Sumut: Tingkat Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2019 Lampaui Target Nasional
Suasana rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi yang digelar KPU Sumatera Utara di salah satu hotel di Kota Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Tingkat partisipasi masyarakat mengikuti Pemilu Serentak 2019 di Sumatera Utara (Sumut) mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya. Bahkan, angka partisipasinya melampaui tingkat nasional.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Yulhasni mengungkapkan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2014 sekitar 69% dari total daftar pemilih tetap (DPT). Sementara pemilu yang baru berlangsung, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 79,91%.

"Angka ini melampui target partisipasi nasional 77,5% dan target KPU Sumut yang dipatok sebesar 70%," ujar Yulhasni di sela-sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019, Senin (6/5/2019).

Selain membeberkan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019, Yulhasni juga mengungkapkan rasa duka cita KPU Sumut atas meninggalnya 11 petugas pemilu mulai dari KPPS, PPS, maupun PPK.

"Kami mencatat di Sumatera Utara ada 11 petugas pemilu yang wafat. Mereka yakni petugas KPPS, PPS, dan PPK. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, terkhusus kepada rekan-rekan penyelenggara. Kerja keras ini patut menjadi catatan sejarah," ucap Yulhasni.

Pantauan iNews.id, rapat pleno terbuka ini masih sementara berlangsung. Proses rekapitulasi perhitungan suara sudah dilakukan. Di mana dalam rangka proses percepatan perhitungan, KPU Sumut membuka 2 panel penghitungan.

Foto : Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Sumut di salah satu hotel di Kota Medan. (Foto: iNews.id/ Stepanus Purba)


Editor : Donald Karouw