Kronologi Kapal Tanker MT Jag Leela Terbakar saat Docking di Galangan Belawan

Stepanus Purba ยท Senin, 11 Mei 2020 - 12:20 WIB
Kronologi Kapal Tanker MT Jag Leela Terbakar saat Docking di Galangan Belawan
Kapal Tanker MT Jag Leela yang terbakar di Pelabuhan Belawan. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Kapal Tanker MT Jag Leela terbakar saat proses docking di galangan kapal Pelabuhan Belawan, Senin (11/5/2020) pagi. Dari video yang beredar, tampak beberapa kali terdengar suara ledakan dari arah kapal tersebut. Bahkan ledakan juga terjadi saat proses evakuasi puluhan pekerja yang terjebak kebakaran.

Kronologi kapal terbakar bermuka saat proses perawatan dan perbaikan atau docking di galangan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard pukul 08.00 WIB. 

"Benar telah terjadi kebakaran Kapal MT Jag Leela yang sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan-Medan yang berlokasi dan berjarak kurang lebih 1-2 kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dirjen Perhubungan Laut, Ahmad, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, hingga saat ini proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan enam unit armada damkar dan Polairud Belawan.

Untuk mempermudah proses pemadaman, petugas melakukan sterilisasi radius 200 meter dari lokasi. Selain belasan armada damkar, tiga unit kapal juga dikerahkan untuk proses pemadaman.

"Untuk korban masih proses pengecekan. Nanti akan kami sampaikan kembali," kata Ahmad.

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Kejadian ini masih diselidiki otoritas Pelabuhan Utama Belawan. Sementara di lokasi, sudah ada 50 pekerja berhasil dievakuasi dengan lima di antaranya mengalami luka bakar.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com: Korban Terbakarnya Kapal Tanker MT Jag Leela Dibawa ke RS PHC Belawan


Editor : Donald Karouw