Liburan Tahun Baru, Warga Rela Antre 6 Jam di Pelabuhan Jibata Toba Samosir

Dharma Setiawan ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 14:20 WIB
Liburan Tahun Baru, Warga Rela Antre 6 Jam di Pelabuhan Jibata Toba Samosir
Pelabuhan Jibata ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyeberang dari Toba menuju ke Samosir. (Foto: iNews/Dharma Setiawan).

TOBA, iNews.id - Ratusan kendaraan mengantre di Pelabuhan Jibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (1/1/2019). Mereka merupakan mengunjung dari berbagai daerah yang ingin berwisata ke Pulau Samosir.

Pantauan iNews, antrean terjadi sejak pukul 05.30 WIB. Warga harus menunggu hingga 5-6 jam untuk dapat naik kapal ferry penyeberangan. Hal ini terjadi karena minimnya armada pengangkut penumpang yang disiapkan.

"Iya pelayanannya lama. Awalnya kabar itu kapalnya ada dua, tapi ternyata cuma ada satu," kata Lidya seorang warga Kota Pekanbaru, Riau, yang ingin berkunjung ke Tomok Pulau Samosir, Sumut, Rabu siang.

Dia mengatakan, sudah menunggu sekitar lima jam mengantre di pintu masuk pelabuhan. Kondisi ini terjadi karena minimnya armada yang dimiliki perusahaan penyeberangan kapal.

Padahal, mereka harusnya bisa mengantisipasi bila sedang momen libur akhir tahun seperti ini, pasti akan banyak pengunjung dari arah Toba menyeberang ke Samosir.

"Harusnya kan sudah mempersiapkannya, karena pasti banyak wisatawan dari sini (Toba) ke Tomok. Jadi tidak mesti menunggu lama seperti sekarang," ujar dia.

Pihak ASDP mengklaim, menyiapkan dua kapal ferry penyeberangan dari Jibata ke Tomok. Di antaranya KMP Tao Toba dan KMP Ihan Batak.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal