Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Binjai Berebutan Pakai Kotak Infak

Muhamad Zainal Tanjung ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 18:45 WIB
Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Binjai Berebutan Pakai Kotak Infak
Warga Binjai menyaksikan gerhana matahari cincin dengan kotak infak masjid, Kamis (26/12/2019). (Foto: iNews/Muhamad Zainal Tanjung)

BINJAI, iNews.id – Warga Binjai, Sumatera Utara antusias melihat fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC), Kamis (26/12/2019). Berbagai cara mereka lakukan demi bisa menyaksikan fenomena langka tersebut. 

Selain memakai kaca mata atau alat lain agar tidak kontak langsung dengan sinar matahari, warga juga memakai kotak infak majid untuk melihat detik-detik gerhana. Cara tersebut ternyata tidak sia-sia.
“Ya Allah, cantik sekali mataharinya,” kata seorang warga.

Cara unik melihat gerhana matahari memakai kotak infak ternyata lebih nyaman bagi kesehatan mata.

“Kita lihat matahari sebagian ini dengan kotak kaca infak itu jelas sekali. Kita bisa melihat kebesaran Ilahi dengan fenomena gerhana,” kata Basri, warga lainnya.

Gerhana matahari cincin itu dapat dilihat warga Kota Binjai sekitar pukul 11.00-12.00 WIB. Kondisi cuaca cerah membuat warga kesulitan melihat matahari. Namun sebelum pukul 12.00 WIB, awan hitam menyelimuti Kota Binjai, sehingga memudahkan warga untuk melihat pergerakan bulan saat akan menutupi matahari.

Warga terlihat antusias melihat fenomena alam gerhana matahari mengingat peristiwa langka itu jarang terjadi.


Editor : Kastolani Marzuki