Lumba-Lumba di Sungai Kualuh, 1 Ekor Ditemukan Mati

Stepanus Purba ยท Kamis, 31 Januari 2019 - 09:54 WIB
Lumba-Lumba di Sungai Kualuh, 1 Ekor Ditemukan Mati
Foto seekor lumba-lumba di Sungai Kualuh yang mati. (Foto: Istimewa).

LABURA, iNews.id - Seekor lumba-lumba yang sempat menghebohkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), ditemukan mati pada Rabu (30/1/2019) malam. Warga mendapati bangkai mamalia tersebut di aliran sungai kawasan Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu.

Kematian hewan ini juga mendapat sambutan duka dari warganet setelah akun Instagram @Laburaku mem-posting foto-foto bangkai lumba-lumba berwarna putih tersebut.

Dalam caption-nya, lumba-lumba malang ini ditemukan warga Dusun Parlabian, Desa Kuala Beringin, bernama Dedi. Dia bersama warga lainnya kemudian mengevakuasi hewan laut yang diyakini tersesat ke perairan air tawar itu.

Netizen pun mengungkapkan rasa prihatin dan kecewan terhadap instansi terkait yang dianggap lamban menyelamatkan mamalia ini. Mereka berharap kondisi serupa tak menimpa seekor lagi.

"Apakah yang seekor lagi akan mengalami nasib yang sama? Sungguh disesalkan," kata seorang netizen, @aliharahap, mengomentari posting-an di akun instagram @Laburaku.

Warga di sekitar Sungai Kualuh, Aan Satria Panjaitan, membenarkan kalau seekor lumba-lumba sudah mati. Dia pun mendapat kabar dari seorang warga di Desa Kuala Beringin, lokasi penemuan mamalia malang tersebut, atas informasi yang beredar di jagad media sosial.

Warga Dusun Parlabian, Desa Kuala Beringin, Ismarlin mengatakan, lokasi ditemukannya bangkai lumba-lumba tersebut berada di hilir Sungai Kualuh. Satwa tersebut sudah mengambang di permukaan air.

" Ditemukan sekitar pukul 18.00 WIB tadi. Pak Camat Kualuhhulu (Samsul Tanjung) juga sudah turun ke lokasi untuk menyaksikan evakuasi," kata Ismarlin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal