Lurah, Camat dan Satpol PP di Medan Jalani Rapid Test Massal

Stepanus Purba ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 12:30 WIB
Lurah, Camat dan Satpol PP di Medan Jalani Rapid Test Massal
Suasana rapid test massal personel Satpol PP Pemko Medan di salah satu GOR di Kota Medan, Rabu (6/3/2020). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar rapid test massal kepada camat, lurah dan petugas Satpol PP. Tes cepat ini sebagai screening Covid-19 kepada para petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengungkapkan, pelaksaan rapid test massal ini merupakan bagian dari implementasi screening awal sebagaimana diatur dalam Perwal Nomor 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan.

"Ini merupakan bagian dari screening. Screening itu ada beberapa cara mulai dari penyekatan jalan, pengukuran suhu, dan rapid test," kata Akhyar, Rabu (3/6/2020).

Dalam upaya screening awal tersebut, Pemko Medan menggelar rapid test massal selektif kepada seluruh jajaran Pemko Medan yang bertugas di garis depan atau front liner. Para pegawai yang berada di garis depan seperti camat, lurah, hingga personel Satpol PP Pemko Medan.

"Mereka yang ada di garis depan dulu kita rapid test. Kita cek keadaannya apakah reaktif atau tidak," kata Akhyar.

Akhyar menerangkan Pemko Medan akan menggelar rapid test kepada seluruh pegawai Pemko Medan termasuk para kepala lingkungan (kepling) di Kota Medan.

"Setelah ini kita akan rapid test para kepling, OPD Pemko Medan, hingga saya sendiri juga akan melakukan rapid test," kata Akhyar.

Untuk para pegawai yang nantinya dari hasil rapid test menunjukkan hasil reaktif Covid-19, Pemko Medan akan menggelar swab test untuk memastikan apakah positif Covid-19 atau tidak.

"Mereka yang reaktif akan kita lakukan swab test untuk memastikan hasilnya dan kita minta untuk isolasi mandiri. Isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah atau di fasilitas yang disediakan Pemko Medan," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba