Lusa, Jokowi Lantik Edy-Ijek Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut

Stepanus Purba ยท Senin, 03 September 2018 - 16:38 WIB
Lusa, Jokowi Lantik Edy-Ijek Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Sumut, Edy-Ijeck saat merayakan kemenangan pilgub beberapa waktu lalu. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id -  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Edy-Ijeck) akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (5/9/2018) lusa.

"Rencana seperti itu karena tahap satu pelantikan di dalamnya termasuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar, Senin (3/9/2018).

Selain Edy-Ijeck, Presiden Jokowi juga akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah dan Bali. "Hari ini kami sedang rapat finalisasi antara Kemendagri dan Kemesesneg terkait dengan agenda pelantikan ini," ujarnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menetapkan pasangan Edy-Ijeck sebagai pemenang Pilkada Sumut pada 27 Juni 2018 lalu. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, pasangan nomor urut satu itu meraih 3.291.137 suara atau 57,57 persen. Sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) meraih 2.424.960 suara atau 42,43 persen.


Editor : Muhammad Saiful Hadi