PIlgub Sumut

Makan Bareng Keluarga Sultan Deli, Djarot Janji Benahi Istana Maimun

Stepanus Purba ยท Rabu, 18 April 2018 - 18:58:00 WIB
Makan Bareng Keluarga Sultan Deli, Djarot Janji Benahi Istana Maimun
Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat berbincang-bincang dengan keluarga Kesultanan Deli usai santap siap di Istana Maimun, Rabu (18/4/2018). (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Djarot Syaiful Hidayat mendapat kesempatan jamuan makan siang bersama keluarga besar Kesultanan Deli di Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (18/4/2018). Dalam kesempatan itu, Djarot berjanji akan merevitalisasi Istana Maimun akan kembali menjadi daya tarik wisata utama di Kota Medan.

Sebelum jamuan makan siang, calon gubernur nomor urut 2 ini terlebih dulu diajak melihat-lihat peninggalan Kesultanan Deli yang ada di Istana Maimun. Tengku Mohar, keluarga Kesultanan Deli yang sekaligus menjadi guide bagi Djarot juga menjelaskan sejarah singkat dan profil para pemangku Kesultanan Deli.

Djarot tampak terkagum-kagum melihat keindahan Istana Maimun, yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Medan itu. Menurut pasangan Sihar Sitorus dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut ini, Istana Maimun bukan hanya ikon utama bagi Kota Medan, tapi juga ikon bagi Sumut. "Istana Maimun ini luar biasa," kata  Djarot.

Kepada awak media Djarot mengungkapkan, pengelolaan wisata Istana Maimun masih perlu dimaksimalkan. Ketika menjadi gubernur terpilih nanti, dirinya akan menjalin kerjasama dengan pihak Yayasan Sultan Ma'mun Al Rasyid untuk merevitalisasi Istana Maimun.

Djarot berjanji akan menghadirkan arsitek dan arkeolog terbaik dalam rangka melakukan revitalisasi Istana Maimun, khususnya lingkungan di sekitar Istana Maimun.  "Dengan cara seperti itu, maka akar budaya melayu yang dibawa oleh Kesultanan Deli bisa dilestarikan dan diketahui oleh banyak orang," ujar Djarot.

"Potensinya masih bisa dimaksimalkan lagi. Kami akan panggil arsitek. Akan kami rancang seperti apa di sekitar lokasi Istana Maimun ini. Ini supaya apa? Agar Istana Maimun lebih baik lagi. Wisatawan lebih banyak lagi yang datang ke sini," tambahnya.

Hal yang perlu dimaksimalkan, kata Djarot, misalnya, dengan membuat latihan tari melayu, pemakaian baju adat dan lain sebagainya. "Wisata jadi belajar menari di sini. Bukan hanya mempertahankan Melayu secara fisik, melainkan juga mempertahankannya secara non fisik," ucapnya.

Hadir dalam Acara Jamuan makan siang tersebut para pengurus Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid, seperti; Sekretaris Yayasan, Tengku Muchriyad, Pengawas Yayasan, Tengku Moh Reza, Wakil Ketua Yayasan, Tengku Syah Muhammad Parunggit dan Wakil Ketua Yayasan, Tengku Ma'moen.

Editor : Himas Puspito Putra