Manager PTPN III Kebun Rantauprapat Positif Covid-19, 75 Karyawan Isolasi Mandiri

Fachrizal ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 01:33:00 WIB
Manager PTPN III Kebun Rantauprapat Positif Covid-19, 75 Karyawan Isolasi Mandiri
Kebun Rantauprapat, PTPN III di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. (Foto: iNews/Fachrizal)

LABUHANBATU, iNews.id - Sebanyak 75 karyawan Kebun Rantauprapat, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III menjalani isolasi mandiri dan mulai bekerja dari rumah. Hal ini menyusul salah satu manajer mereka terkonfirmasi positif Covid-19.

Manajer Kebun Rantauprapat PTPN III inin diketahui berinisial EZN (54). Dia menjadi pasien positif Covid-19 kedelapan di Kabupaten Labuhanbatu. Dia saat ini dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Gunung Pamela, Tebingtinggi.

Sebelumnya, EZN memiliki riwayat penyakit jantung. Saat dirawat di RS, kondisinya tak stabil hingga akhirnya diputuskan untuk tes swab dan ternyata hasilnya positif.

Mendapatkan laporan ada pasien positif di lingkungan PTPN III Janji, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Labuhanbatu langsung menelusuri kontak erat pasien.

Hasil penelusuran, ada 75 karyawan PTPN III Janji yang berinteraksi dengan pasien tersebut. Mereka terdiri atas karyawan kantor, sopir hingga pekerja rumah tangga.

Gugus tugas selanjutnya melakukan sterilisasi Kantor PTPN III Janji dengan menyemprotkan disinfektan. Sementara 75 karyawan yang pernah kontak dengan pasien diminta menjalani karantina mandiri selama 14 hari dengan pengawasan ketat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan  Labuhanbatu Kamal Ilham mengatakan, para karyawan yang menjadi kontak erat dengan pasien Covid-19 harus dikarantina.

"Mereka kami minta isolasi mandiri selama 14 hari," katanya, Jumat (7/8/2020).

Sementara Askep PTPN III Janji Mustakim Pane mengungkapkan, selain menjalani karantina, mereka akan menjalani rapid test di Rumah Sakit Aek Nabara. Untuk aktivitas perkantoran akan tutup sementara sampai 21 Agustus mendatang.

"Para karyawan ini akan bekerja dari rumah," kata Mustakim.


Editor : Donald Karouw