Sempat Reaktif Covid-19, Hasil Tes Ulang 14 Karyawan Brastagi Supermarket Negatif

Stepanus Purba · Kamis, 21 Mei 2020 - 13:03 WIB
Sempat Reaktif Covid-19, Hasil Tes Ulang 14 Karyawan Brastagi Supermarket Negatif
Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Manajemen Brastagi Supermarket melakukan rapid test ulang setelah hasil tes 14 karyawan mereka reaktif Covid-19. Hasil pemeriksaan kedua, ke-14 orang yang sebelumnya reaktif dinyatakan nonreaktif Covid-19 .

"Setelah 14 karyawan dinyatakan reaktif, kami lakukan rapid test ulang di Rumah Sakit (RS) Royal Prima. Dan hasil tes 14 orang itu negatif (nonreaktif)," ujar Kuasa Hukum Brastagi Supermarket Sarma Hutajulu, Rabu (20/5/2020).

Walau tes cepat kedua menunjukkan negatif, Sarma mengaku masih akan menunggu hasil tes Swab PCR ke-14 karyawan tersebut.

"Jadi kami tunggu hasil tes swab-nya. Hasil ini nantinya akan disampaikan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, Pemko Medan sudah melakukan rapid test terhadap 200 karyawan Brastagi Supermarket selama dua hari. Dari 200 karyawan yang menjalani rapid test, 17 orang dinyatakan reaktif Covid-19.

"Mereka yang reaktif saat ini menjalani isolasi mandiri dan menunggu hasil tes swab PCR untuk memastikan positif Covid-19 atau tidak," kata Akhyar.

Terkait dengan perbedaan hasil rapid test ulang yang dilakukan manajemen Brastagi Supermarket, Akhyar tidak mempersoalkan tersebut. Dia mengatakan perbedaan hasil wajar dalam pemeriksan rapid test.

"Ya tidak apa-apa ada second opinion. Karena rapid test belum menyatakan dia positif atau negatif. Rapid test hanya menunjukkan indikasi di dalam tubuhnya itu ada virus. Virusnya apa kita enggak tau," kata Akhyar.

Akhyar mengatakan, saat ini Pemko Medan masih menunggu hasil resmi dari gugus tugas untuk pemeriksaan swab PCR dari ke-17 karyawan Brastagi Supermarket tersebut.

"Jadi kita tunggu aja hasilnya ya," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba