Mantan Anggota DPRD dan 19 Pejabat Pemprov Sumut Diperiksa KPK

Stepanus Purba ยท Kamis, 01 Februari 2018 - 19:34 WIB
Mantan Anggota DPRD dan 19 Pejabat Pemprov Sumut Diperiksa KPK
KPK terus usut kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. (Foto: inews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memanggil sejumlah mantan anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014 terkait kasus suap yang diduga dilakukan mantan gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. KPK juga memanggil sejumlah pejabat lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut Hasban Ritonga, mantan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Randiman Tarigan, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Antoni Siahaan adalah sejumlah nama yang dipanggil KPK hari ini. Kesemuanya dimintai keterangan soal pengesahan laporan pertanggungjawaban gubernur dan pengesahan APBD Provinsi Sumut periode 2012 hingga 2015.

KPK telah melakukan pemanggilan sebanyak tiga tahap. Sekda Pemprov Sumut Hasban Ritonga dan Helen Purba telah diperiksa pada 29 Januari 2018, Kadishub Medan Antoni Siahaan diperiksa KPK Rabu 31 Januari 2018 dan Plt Sekda Sumut Ibnu Sri Hutomo diperiksa hari ini. Kabarnya masih banyak pejabat dan mantan pejabat yang sedang dan akan diperiksa KPK.

Hutomo membenarkan terjadi pemeriksaan terhadap puluhan pejabat dan mantan pejabat di lingkungan Pemprov Sumut. Namun, dia enggan mengungkap nama-nama yang diperiksa.

"Betul ada 18 orang yang diperiksa tapi siapa saja mereka tanyakan kepada KPK saja ya," ucap Ibnu Sir Hutomo, Kamis (1/2/2018).

Pejabat lain yang diperiksa KPK hari ini adalah Plt Wali Kota Medan Randiman Tarigan. Randiman mengaku kedatangannya ke Mako Brimob untuk dimintai keterangan soal interpelasi yang bergulir di DPRD Sumut saat itu yang ditujukan untuk Gatot.

"Ya biasa dipanggil KPK kasus interpelasi," kata Randiman di Mako Brimob daerah Sumut, Kamis (1/2/2018).

KPK akan terus mendalami kasus ini hingga 3 Februari mendatang dengan total 46 dari 35 orang yang sudah diperiksa. Untuk hari ini KPK memeriksa sebanyak lima orang mantan anggota DPRD Sumut. Mereka adalah Tiasiah Ritonga, Muslim Sibolon, Rinawati Sianturi, Sonni Firdaus, Analisman Zalukhu dan Zulkarnain.


Editor : Achmad Syukron Fadillah