Masuk Daerah Zona Sesar Sumatera, BMKG Pasang Alat pendeteksi Gempa di Humbahas

Antara ยท Senin, 06 Juli 2020 - 19:13 WIB
Masuk Daerah Zona Sesar Sumatera, BMKG Pasang Alat pendeteksi Gempa di Humbahas
BMKG Deliserdang saat memasang alat pendeteksi gempa di Humbang Hasundutan (Foto: ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - BMKG Deliserdang memasang Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kantor Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas). Alat ini dapat mendeteksi dengan cepat dan akurat jika terjadi getaran atau guncangan gempa di kawasan tersebut.

"Alat pendeteksi gempa di Kabupaten Humbang Hasundutan di pasang di kantor bupati setempat," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang Teguh Rahayu, Senin (6/7/2020).

Dia menjelaskan, wilayah Humbahas merupakan daerah yang berada pada zona sesar Sumatera dan patahan lokal Renun A.

Untuk itu sangat diperlukan pemasangan Smart Display WRS New Gen sebagai upaya percepatan diseminasi informasi gempa bumi dan tsunami kepada seluruh stakeholder di daerah tersebut.

WRS New Gen di Kantor Bupati Humbang Hasudutan merupakan pemasangan ke lima dari rencana 11 WRS New Gen yang akan dipasangkan di Sumatera Utara (Sumut).

Pemasangan alat ini diterima langsung Kepala Pelaksana BPBD Humbang Hasudutan Tumbur Hutagaol yang dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada BMKG.

"Dengan adanya alat tersebut tentunya kami akan lebih cepat mengetahui jika terjadi gempa bumi dan bisa secepatnya melakukan langkah antisipasi untuk meminimalisasi dampak material maupun korban jiwa," katanya.


Editor : Donald Karouw