Material Longsor Sudah Diangkat, Kereta Siantar Ekspres Kembali Beroperasi

Stepanus Purba ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 13:08 WIB
Material Longsor Sudah Diangkat, Kereta Siantar Ekspres Kembali Beroperasi
Petugas PT KAI Divre I Sumut berusaha membersihkan material longsor yang menutupi jalur kereta api di Kota Tebingtinggi, Sumut, Selasa (17/12/2019). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Material longsor yang menutup jalur kereta jurusan Medan-Siantar telah dibersihkan. Material longsor berupa tanah dan batu itu sempat menutupi jalur kereta KM 05 + 1/2 , KM 03+700 dan KM 06 + 100 di Jalan Baja lingge, Tebing Tinggi.

Manajer Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) Ilud Siregar mengatakan, dengan dibersihkan atau diangkatnya material longsor, maka kereta api (KA) jurusan Medan-Siantar maupun arah sebaliknya dapat kembali beroperasi per Rabu (18/12/2019).

"KA Siantar Ekspres sudah bisa beroperasi kembali, dimulai keberangkat dari stasiun Siantar pukul 07.30 Wib, lalu sesuai dengan jadwal perjalanannya dan KA kedua melalui jalur tersebut diatas pukul 08.47 Wib," kata Ilud Siregar kepada wartawan.

Ilud menambahkan, perjalanan KA Siantar Ekspres terpaksa ditiadakan setelah bencana longsor dan banjir yang terjadi pada Minggu (15/12/2019).

BACA JUGA: Tanah Longsor dan Banjir Tutup Jalur Kereta Api Medan-Pematangsiantar di Tebing Tinggi

Selama hampir dua hari, kata Ilud, material longsor itu divekuasi dengan alat berat oleh pihak PT KAI dan Balai Yasa Pulu Brayan Bengkel dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara.

"Penanganan 2 × 24 jam untuk melakukan normalisasi jalur KA tersebut," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto