Menparekraf Dorong Pengembangan Pariwisata Danau Toba Berbasis Budaya dan Alam

Stepanus Purba ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 14:13:00 WIB
Menparekraf Dorong Pengembangan Pariwisata Danau Toba Berbasis Budaya dan Alam
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke kawasan Danau Toba, Rabu (30/12/2020). (ANTARA/Donny)

“Banyak kearifan lokal dan budaya di sini yang harus kita jaga dan kembangkan. Tinggal kita membuat strategi apa yang tepat untuk dikembangkan, seperti calender of event-nya bisa dibuat sport tourism event. Dari segi produk seperti ulosnya juga harus diseragamkan dan lainnya,” ujar Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf juga bertemu dengan jajaran pemerintah daerah di sekitar kawasan Danau Toba serta menyambangi pelaku UMKM, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berdiskusi dan mendapat masukan dan kendala-kendala yang dihadapi sehingga dapat merumuskan strategi terbaik pengembangan ke depan.

Hal itu dirasakan langsung Menparekraf setiba di Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput). Dia disuguhi kuliner daerah Toba yaitu ombus-ombus, kacang sihobuk dan kopi Lintong. Menurutnya, kuliner khas itu harus benar-benar dikemas dengan baik agar memiliki daya saing. Karena itu, ke depan Sandiaga akan terus mendorong masyarakat untuk terus memberdayakan makanan tradisional.

"Itu sangat luar biasa, ombus-ombus dengan kopi lintong khas Danau Toba. Ini layak kalau kita kemas dengan baik dan ini merupakan kualitas ekspor yang berdaya saing. Jadi saya mendorong dari sisi ekonomi kreatif. Ombus-ombus dan kopi Lintong tadi rasanya maknyus," katanya.

Editor : Donald Karouw