Miliki Riwayat Perjalanan dari China, 16 Orang di Medan Jalani Karantina Rumah

Stepanus Purba ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 16:19 WIB
Miliki Riwayat Perjalanan dari China, 16 Orang di Medan Jalani Karantina Rumah
Kepala Dinkes Kota Medan Edwin Effendi. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Sedikitnya 16 orang menjalani karantina rumah sebagai observasi karena memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit virus korona. Mereka merupakan bagian dari 68 orang yang sebelumnya dikarantina Dinkes Sumut.

"Jadi ada 16 orang yang menjalani observasi rumah. Mereka ini memiliki riwayat perjalanan dari daerah China, namun bukan dari Kota Wuhan," ujar Kepala Dinkes Kota Medan Edwin Effendi, Selasa (11/2/2020).

Dia menjelaskan, selama proses observasi rumah, dinkes menurunkan petugas surveilans khusus untuk mengamati perkembangan kesehatan ke-16 orang tersebut. Penting agar mereka tetap kooperatif setelah diberikan penjelasan.

"Kalau ada keluhan yang mengganggu kesehatan, seperti demam, batuk, sesak, laporkan kepada petugas. Kami harapkan mereka kooperatif. Kami akan amati ketat selama 14 hari ini," katanya.

Edwin Effendi menyebut, dari  16 orang tersebut tiga di antaranya merupakan warga negara asing (WNA) dan 13 lainnya warga Kota Medan. Mereka baru berkunjung ke berbagai wilayah di China. Ada yang berstatus mahasiswa, kunjungan wisata maupun keluarga. 

“Semuanya orang dewasa. Ada yang keluarga namun hanya dua orang. Ada yang dari Medan Timur, Medan Utara dan lainnya,” ujar Edwin.


Editor : Donald Karouw